Sabtu, 01 Januari 2011

Si hitam dan jagung

Si hitam alias arang dan jagung adalah pasangan yang sangat di cari oleh penduduk di kota Balikpapan menjelang pergantian tahun. Maka pada saat  pergantian tahun pasangan itu harganya ikut melonjak  mengikuti prinsip ekonomiMengapa si hitam dan jagung menjadi incaran penduduk Balikpapan...?

Penduduk Balikpapan mempunyai kebiasan menjelang pergantian tahun mengadakan acara bakar - bakar jagung bersama keluarga besarnya dan selain bakar jagung di tambah bakar ikan... hm .... nikmat banget kali ya ...??


Kemaren sore menjelang magrib di sepanjang pinggir jalan mulai banyak yang menjajakan si hitam dan jagung dan sepanjang jalan  jadi pasar kaget, banyak sekali yang  menjual jagung dan terompet sebagai pelengkap acara malam tahun baru. 


Sepulang aku dari nge gym kemaren sore, aku melihat beberapa tetanggaku sudah mulai mempersiapkan acara bakar-bakarnya. Sementara di rumahku , tak ada kegiatan apa-apa dalam menjelang pergantian tahun, karena aku tidak membudayakannya.


Malam pergantian tahun baru aku dan keluarga hanya menonton TV dan OVJ acara favorit kami. Jam 22.00 aku mulai mencium aroma jagung bakar dan ikan bakar dari rumah tetangga, dan terdengar canda dan tawa dirumah mereka maklum keluarga besarnya berkumpul. Sedangkan aku hanya bertiga saja tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar kami, karena keluarga suami di Klaten dan keluarga besar aku di Padang. Ya... ginilah jadi perantauan.
Tapi ternyata kami tidak hanya mencium aroma saja, Alhamdulillah ..... ada tetangga yang mengantar ikan bakar kerumah ku.

Mengapa dirumahku tak ada acara khusus menjelang pergantian tahun baru...? Bagi kami menjelang tahun baru adalah perenungan dan pengevaluasian diri. Oleh sebab itu aku dan suamiku tetap saja ketempat tidur jam 22.30 dan tidak menunggu jam 24.00, aku dan suamiku ingin ditengah malam itu bangun untuk melaksanakan ibadah malam ( shalat tahajud dan shalat witir ) yang biasa kami lakukan, bagi  kami itu lebih penting dari pada meniupkan terompet di jam 24.00. 

Ungkapan rasa syukur dan penyelasan atas kelalaian  yang aku lakukan ku ungkapan pada Allah SWT, aku bermohon semoga Allah selalu membimbing untuk menjadi hamba Nya  yang lebih baik, menjadi lebih taat pada Nya. 

Semoga tahun 2011, kehidupan bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan terhindar dari bencana seperti tahun 2010, Tuhan telah memberikan ujian kepada kita bangsa Indonesia dan tahun 2011 semoga semuanya akan menjadi lebih baik, Aamiin....









4 komentar:

  1. saya juga suka jagung tapi lebih suka yg direbus. btw, kalo kesulitan membeli buku saya, bisa saya pesenin kok sis..kalo mau..hehee...

    iya moga2 bisa terbitin buku yg dipajang di gramed deh. Tks ya..

    BalasHapus
  2. Wah, asyik juga ya bakar2 jagung dan ikan... lebih asyik lagi kalau terima jadi... hehehe

    Malam tahun baru kemarin aku juga tak ada perayaan khusus mbak, malah udah tidur sore karena kecapekan setelah maen ke Ponorogo kemarin.

    BalasHapus
  3. Selamat Tahun Baru 2011 mbak...
    semoga semuanya akan menjadi lebih baik, Amin.

    BalasHapus
  4. Makasih ya mbak Fanny dan Mbak Reni.... semoga kita semua menjadi lebih baik dan menjadi orang yang lebih berarti bagi orang2 disekitar kita ... Aamiin

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya