Sabtu, 14 Mei 2011

Membangun semangat dalam diri



Manusia akan mampu mencapai kejayaan jika ia bekerja dengan penuh semangat
( Benjamin Disreali)

Tapi...... sering kali kita kehilangan semangat dalam berbagai hal, dan kadang-kadang kita tidak tahu harus bagaimana mengatasi turunnya atau bahkan hilangnya semangat itu dari diri kita. Apakah sahabat - sahabat  blogger  juga mengalami hal yang sama, yakni turunnya atau hilangnya semangat itu...???

Tanpa sengaja ku temukan  sebuah buku motivasi ditumpukkan buku-buku lama  yang ada dilemari bukuku, dan buku ini  sudah lama sekali tidak kubaca-baca lagi.  Dalam buku itu di berikan beberapa tips untuk membangkitkan semangat dalam diri kita. Ku pikir bagus juga nih aku berbagi untuk sahabat blogger.

Yuk ... kita simak apa aja saran dari buku itu, agar dapat menjaga semangat dalam diri kita tetap tinggi.
Ada 2 faktor penting yang dapat menjaga semangat dalam diri kita tetap tinggi, yakni :

  • Faktor pertama adalah menciptakan tujuan yang spesifik. Tentu kita akan jauh lebih bersemangat jika menjalankan sesuatu yang menjajikan hasil yang memuaskan. Bahkan kita akan rela menempuh pekerjaan yang sulit sekalipun jika tujuannya jelas dan pasti menghasilkan. Tujuan membuat kita mampu mengontrol arah perubahan dan menjalankannya sebagai sesuatu yang menyenangkan.  
  • Faktor kedua adalah kemauan untuk terus mengembangkan diri. Mengembangkan diri dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, misalnya dengan membaca  buku, mengikuti seminar dan bergaul dengan orang-orang yang sukses dan orang-orang yang selalu berpikir positif. Charlie Tremendeous mengatakan,  "Apa yang menentukan dirimu 5 tahun yang akan datang merupakan cermin dari buku apa saja yang sudah kau baca dan dengan siapa saja kau bergaul". Jika kita mempunyai kemauan untuk terus mengembangkan diri, itu artinya kita akan selalu bersemangat dan tidak dapat berhenti mencapai kemajuan.
So .... bagaimana menurut sahabat-sahabat semua tentang kedua saran tersebut ...??  Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya ... ^_^
 
  

10 komentar:

  1. saya stuju dengan dua hal tersebut mbak, yang terpenting adalah tujuan serta kemauan untuk konsisten meraihnya..

    tak lupa, iman yang benar akan mengoptimalkan kedua faktor tersebut.. :)

    BalasHapus
  2. Lebih banyak pake intuisi otak kanan mbak Sukma aku akhir-akhir ini, hehehehe... Informasinya menarik soal menetapkan tujuan. Aku belajar dan mengamalkan untuk selamat dunia akhirat, itu saja...

    BalasHapus
  3. yan, kayaknya faktor2 itu emang perlu banget dalam kehidupan kita... apalagi untuk seseorang yang pernah mengalami penyakit yang membuat ia menjadi tidak mampu utk bekerja / mencari nafkah...maka ia harus mempunyai pembangkit semangat dalam dirinya sendiri....

    BalasHapus
  4. benar. makanya kita harus baca buku2 yg bermanfaat. kalo bacanya buku gak bener, maka otomatis otak kita teracuni juga, sis. walau gak selalu spt itu. tapi rata2 sih begitu. sama spt kalo kita nonton film. kalo hobinya nonton film gak bener, spt VCD porno, maka otomatis pikiran kita ke arah situ terus. selain itu, ada faktor lainnya juga, spt : keinginan kuta dalam diri kita, apakah kita mau menjadi orang berhasil atau gagal?

    BalasHapus
  5. semangat tdk akan pernah sampai pada titik jenuh, so trus bersemangat

    BalasHapus
  6. betulbetulbetull;)
    dan mnurut nea hal yg harus d perhatikan juga adlah pergaulan.. wlaupun qt sdh punya tujuan & kemauan tpi, klo sbagian bsar wktu qt d hbiskan bergaul dgn teman yg malas.. maka kita pun akan ikut2an malas.. so,,pintar2 lah dlm mncari teman..;)

    BalasHapus
  7. Bener bun...untuk mencaai hal2 itu emang harus diisi yang bermanfaat meskipun hanya kecil tetapi udah lebih baik.
    Intinya berusaha dan semangat karna hidup ini bukan hanya pada hari ini...melainkan masih beberap tahun lagi jika kita diberi kesempatan.
    Karna itu isilah dgn yg lebih berkmakna..meskipun kadang suka hilangnya semangat.

    BalasHapus
  8. wah! perlu di hafal ni artikel nya biar tetap semangat!...dan tetap semangat juga buat ibu...

    BalasHapus
  9. setuju mbak...... saya juga akhir ini juga seperti kehilangan semangat ditengah akitifitas yang padat

    BalasHapus
  10. Kok saya tiba-tiba jadi sangat semangat ya..? hehe

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya