Kamis, 06 Juni 2013

Study Alam SMARADHA angkatan ke 8


Bismillahirrohmanirrohiim.

Alhamdulillah, gak terasa tahun ini sudah angkatan ke 8 study alam jadi kegiatan rutin di SMA Patra Dharma Balikpapan .
Dan selalu disambut antusias sekali oleh siswa-siswanya. Kegiatan ini sangat di tungguin-tunggu oleh mereka.

Bagi mereka kegiatan ini memberi pengalaman baru yang belum pernah  mereka peroleh selama ini. Begitu antusias nya mereka, ada diantara siswa menunda kegiatan keagamaan mereka,karena diantara hari kegiatan ada perayaan hari Waisak  pada tanggal 25 Mai kemaren.

Dan ada juga yang sedih tidak bisa mengikuti karena jadwalnya bersamaan Lomba Matematika yang di selenggarakan oleh salah satu Perguruan Tinggi, Walau mereka menang pada kegiatan lomba tersebut tetap saja tidak dapat menghilangkan kekecewaanya tidak dapat mengikuti kegiatan Study Alam tersebut.

SMA Patra Dharma sejak tahun 2004 mengagendakan kegiatan ini untuk kelas XI. Ada pun tujuan di selenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan "Rasa Empati" siswa-siswa pada masyarakat yang kehidupannya dibawah mereka. Mereka dapat merasakan sulitnya kehidupannya para petani Dan perternak, karena selama 3hari dapat mengikuti kehidupan ditempat orang tua asuh yang mereka tempati.


Angkatan ke 8 ini ditempatkan di 30 kepala rumah tangga. Di setiap rumah ditempatkan 6 / 7 siswa.. Dan mereka mengikuti kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh keluarga yang mereka tempati.
Selain itu mereka juga wajib mengikuti kegiatan yang sudah di program oleh sekolah.

Program kegiatan yang sudah di jadwalkan adalah belajar membajak sawah, belajar menanam padi, mengamati inseminasi pada sapi, pembibitan dan pemeliharaan ikan lele. Dan lomba kreasi siswa dengan ibu asuh dalam mengolah aneka makanan dengan berbahan singkong.

Dan yang gak kalah  penting lagi adalah kegiatan Bhakti Sosial, bagi  lansia, janda, anak-anak yatim.
Kegiatan ini memberi banyak manfaat bagi siswa-siswa, itu lah selalu ada permintaan  dari desa transmigrasi agar desa mereka di jadikan tempat kegiatan Study Alam SMA Patra Dharma.

Alhamdulillah kegiatan ini disambut positif bagi siswa-siswa nya mau pun masyarakat desanya. Insyallah kegiatan ini tetap menjadi kegiatan wajib bagi siswa-siswa kelas XI di SMA Patra Dharma Balikpapan.

Dan inilah sebagian kecil kegiatan mereka tersebut.






















2 komentar:

  1. Begitulah seharusnya menanamkan pendidikan dan empati anak-anak pada kehidupan masyarakat dengan terjun langsung berbaur dalam kehidupan mereka. Kebetulan anak-anak saya sekolah di Islam Terpadu, pada beberapa kesempatan melakukan kegiatan seperti itu (saya lupa istilahnya) yang jelas dalam waktu 3x24 jam mereka mejadi keluarga mereka. Dan hasilnya sungguh luar biasa banyak cerita mengalir dari anak-anak

    BalasHapus
  2. Satu keluarga dititipi 6-7 orang anak? Cukup mbak rumahnya?
    Tapi acaranya bukan saja seru, tapi menarik dan bermanfaat pastinya bagi anak2. Sayang sekolah Shasa gak pernah ada acara spt itu mbak.

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya