Senin, 27 Desember 2010

Blogwalking... Posting ...

Dunia blog ku kenal sejak Oktober 2008, awalnya karena aku iseng - iseng membuka blogger.com  dan begitu melihat aku jadi tertarik untuk punya blog. Aku mulailah akun dan kemudian memilih template. Semua ku mulai dengan modal nekad, karena sama sekali  tidak tau tentang blog, aku hanya mengikuti instruksi yang diberikan.

Pada hari itu terlahirlah blogku yang pertama yang aku beri nama Hariyanti Sukma  sesuai dengan nama ku sendiri, dan rencananya blog itu ku lahirkan untuk penyajian materi biologi bagi murid - muridku, dengan tujuan mereka bisa belajar dimana saja dan kapan saja, terutama disaat mereka on line.


Aku memberi nama blog itu sesuai dengan nama ku dengan tujuan  jika muridku lupa alamat blogku dia bisa cari dengan menggunakan namaku, waktu itu aku berpikir gampangnya aja.

Hariyanti Sukma terlahir dengan postingan nya tentang pelajaran biologi, mulai aku melakukan posting walaupun tidak tiap hari. Beberapa postingan telah bermunculan di blogku itu, tapi tak ada satu pun  coment yang muncul.

Sejak aku punya blog pertama , aku mulai sering  melakukan blogwalking ke beberapa blog, aku terkagum - kagum dengan blog yang aku kunjungi, semua keren - keren dan teknik nya canggih banget, beda sekali dengan blog ku yang sangat sederhana dan minimalis banget, hmm aku jadi minder dach...

Aku ingin sekali punya blog keren seperti mereka semua, tapi aku tak tau harus bagaimana? Aku penasaran ... setiap aku bertanya dengan teman - teman kantor yang lain  mereka juga tidak begitu mengerti seperti yang aku maksud. Akhirnya aku hanya mencoba - coba semampu ku, hasilnya tetap tidak memuaskan. Tidak seperti yang aku mau dan tetap saja blog dengan tampilan minimalis dan sederhana banget.

Akhirnya blog ku pertama itu hanya terbatas di kunjungi oleh murid-murid ku, itu pun  dengan trik memberi tugas pada mereka lewat blog dan meminta mereka mengirimkan hasil pekerjaannya  lewat email. Kadang - kadang mereka bisa on time, tapi lebih banyak molor dari yang dijadwalkan, mereka beralasan dirumah tidak di pasang internet jadi harus ke warnet. Al hasil tidak sesuai dengan yang aku inginkan. Akhir cerita... aku juga mulai malas  untuk posting di blog tersebut, jadilah aku patah semangat ngeblog karena teman-teman lainnya di sekolah juga ngak ada yang hobby ngeblog. Jadi ndak ada teman berbagi. Maka berbulan-bulan bahkan setahun lebih blogku itu mati suri, aku tak pernah lagi menengoknya. Kasihan juga ya ....


Awal Januari 2010 tiba - tiba aku kangen dengan blog ku itu, mulailah aku mengunjunginya kembali. Tapi aku lakukan metamorfosis pada blog tersebut, aku mulai mengganti template dan postingan yang lama aku cut - paste ke folder bahan ajar ku dan ku jadikan modul bagi murid - murid ku terutama untuk mereka yang kls XII IPA untuk mempersiapkan UAN.


Hariyanti Sukma  tampil dengan wajah baru, postingannya tidak lagi berisi materi biologi SMA tapi info sehat yang ku peruntukkan bagi kaum wanita. Namun lagi - lagi aku mengalami kendala untuk melakukan posting karena menyajikan postingan yang berbau ilmiah susah juga ya ...?

Iseng - iseng  aku buat blog yang kedua, rencananya untuk tempat curhat. 
Aku berpikir mungkin akan lebih mudah aku melakukan posting karena tidak terikat dengan bahasa ilmiah. Lahirlah blog kedua itu dengan nama Catatan Kecilku. Aku memilih satu template dengan tampilan seorang gadis kecil memandang pegunungan , aku jatuh cinta dengan template itu, tapi sayang .... berkali-kali aku coba selalu saja gagal, gagal mane...gagal mane....


Template blog catatan kecilku hanya bisa ku tampilan dengan disain kupu-kupu hewan kesukaanku. Mulailah aku lakukan posting di blog kedua dan tak lupa  terus melakukan blogwalking.


Dari blogwalking aku sangat tertarik dengan blognya Mbak Reni yang namanya sama dengan blogku yang kedua , aku memang terinspirasi dengan blognya. Yang aku lakukan hanya blogwalking saja tidak berani meninggalkan komentar pada blognya Mbak Reni itu, karena aku minder banget dengan blog ku ini.


Berhari - hari  aku melakukan blogwalking di blog Mbak Reni dan tetap saja tidak meninggalkan coment. Suatu hari aku beranikan diri meninggalkan coment di postingan Mbak Reni. Keesokan harinya aku kaget bahwa di postingan ku aku ada kunjungan oleh The Others dan Catatan Kecilku kepunyaan mbak Reni, aku terharu dan senang banget , aku ndak mengira Mbak Reni membalas kunjungan ku. Kunjungan mbak Reni seperti memberi semangat  baru bagiku. Perlahan - lahan bermunculan postingan ku di blog kedua ini.

Namun nasib blog ku yang kedua ini sama juga dengan blog ku yang pertama, terlupakan juga dalam waktu cukup lama karena kesibukkan ku mempersiapkan murid-muridku menghadapi UAN dan dilanjutkan jadi panitia PSB ( Peneriman Siswa Baru ) sejak bulan April hingga Juni.Terabaikan lagi blog ku yang kedua.

Pada 11 November 2010 aku kembali mengunjungi blog ku yang terabaikan, dan yang terlupakan. Agar ada semangat baru tampilan blog yang ke dua ini aku ubah juga , aku mengubah template nya dan namanya juga aku ganti ku beri nama SUKMA , aku ambil dari nama belakang ku . Kata SUKMA berarti jiwa, semoga ini mewakili jiwaku, hatiku dan  pikiranku.


Postingan di SUKMA pelahan-lahan bermunculan. Dan orang yang turut berjasa adalah mbak Reni. Aku berterimakasih sekali pada Mbak Reni, dialah yang memberiku spirit yang luar biasa, mbak Reni membuat aku pe de untuk melakukan  postingan. Hingga hari ini postingan di SUKMA sudah ada 25 posting, maklumlah pemula. Ini berkat Mbak Reni yang slalu memberi suport pada aku untuk selalu rajin melakukan posting, Tq banget ya mbak Reni ....

Bagi aku yang pemula di dunia blog perlu banget kehadiran seperti mbak Reni , dengan kerendahan hatinya dan kesabarannya  memberikan aku power yang luar biasa. Makasih ya mbak ....
Aku juga berterimakasih pada sahabat-sahabatnya mbak Reni yang juga telah berkunjung di blog ku, seperti mbak Fanny ( sang cerpenis bercerita) aku senang sekali atas kunjungan mbak Fanny yang sdh membumi di dunia blog, tq ya mbak Fanny....  Dari mbak Fanny aku juga banyak belajar dalam menulis.
Dan terimakasih ku juga pada gaphe, agam, pandi,yang telah berkunjung ke blog ku ini .

Sekarang jika aku punya waktu luang, aku semakin rajin 'blogwalking' dan 'posting'. Aku semakin semangat mengurusi blogku ini, semoga dia tak terlantar lagi. 

Terimakasih ya sahabat-sahabatku atas kunjungannya  sehingga  memberi aku suport yang luar biasa. 
Semoga Tuhan membalas semua kebaikan-kebaikan anda semuanya. Aamiin














 

 

6 komentar:

  1. terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya. lama2 juga banyak teman, sis..btw, kalo mau template keren, bisa kunjungi btemplates.com

    kamu tinggal upload aja. tapi sebelumnya di save dulu ya di kompi, lalu di upload di blog kalo berniat ganti template. Template blog saya diambil dari btemplates juga.

    BalasHapus
  2. Makasih ya mbak infonya , Insya Allah akan saya coba , smg berhasil jadi ndak ada lagi kata gagal mane..gagal mane

    BalasHapus
  3. Mbak... duh aku jadi tersipu-sipu nih dipuji2 disini... *menutup muka malu2*

    Jangan sungkan utk blogwalking ya mbak. Jika ingin tambah teman memang harus PD utk meninggalkan komentar di blog yg lain.
    Aku dulu juga gak PD kok, tapi seorang blogger Jakarta menyemangatiku. Sayang kini dia tak ngeblog lagi.
    Mungkin kini waktunya aku yg ganti memberikan semangat pada blogger2 yang baru muncul ya mbak.
    Tetap semangat menulis ya mbak...

    BalasHapus
  4. Wah, templatenya ganti ya mbak.
    Template yg ini keren banget mbak.
    Sekilas mirip dg templatenya mbak Fanny ya..?
    Katanya gak tahu teknik dalam ngeblog, tapi nyatanya sukses mengganti template gitu kok. Banyak blogger pemula yg kesulitan ganti template lho mbak...

    OK, ditunggu postingan berikutnya ya..?

    BalasHapus
  5. Itu dari hati yg paling dalam loh mbak ...
    Jangan pernah lelah ya mbak menyemangati blogger2 pemula, kehadiran mbak sangat memberi arti sekali.

    Alhamdulillah... ini template yang sudah lama ku idam2kan akhirnya ketemu juga, berkat info dari mbak Fanny nich mbak...

    Saya bersyukur sekali diketemukan dengan mbak Reni dan mbak Fanny yang rendah hati itu, makasih banyak ya mbak....

    BalasHapus
  6. Makasih ya Yan telah membantuku sehingga aku mulai belajar untuk membuka blog dan aku mulai keasyikan untuk berbagi cerita

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya