Sabtu, 23 Juli 2011

Gembira menyambut bulan suci Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim, 
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^

BULAN RAMADHAN .... Rasanya tak sabar menunggu bulan istimewa itu, gimana gak sabaran, sobat..!!!! Ya ... iyalah pada bulan itu Allah SWT memberikan BONUS besar-besaran, wong ... kalau di mall aja ada SALE 20 %. 50% atau 70% kita berduyun-duyun menuju tempat itu. Trus gimana dengan bulan Ramadhan itu..?? * _*

Pada bulan Ramadhan semua amal ibadah kita dilipat gandakan nilainya oleh Allah SWT, wong ....tidur aja dibulan Ramadhan itu juga jadi amalan loh... tapi bukan berarti kita tiduran trus donk sepanjang hari, berarti kita baru nyampe pada tahapan ibadah minimalis donk.

So...yakin deh semua kita sudah tahu begitu istimewanya bulan tersebut. Cuma kita kadang agak cuek nih dengan BONUS yang Allah berikan, menurut Bang Roma Irama .... T E R L AL U..!!! hehehehe....

OK... sobat semua, yuk.... kita MENATA HATI DAN  MENATA DIRI di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah... Allah menghadirkan bulan Ramadhan untuk kita, sehingga kita memiliki media dalam menata hati kita ini.

HATI dapat kita definisikan menjadi : FUAD (akal), SHADR (emosi), HAWA (nafsu)
Bagaimana kita menata FUAD nya..? ya .... dengan melakukan  TADARUS karena mengandung 4 nilai :
  • Dzikir terbaik
  • Belajar terbaik
  • Motivasi berpikir terbaik, dengan membaca Al-Quran kita akan mendapatkan motivasi yang luar biasa.
  • obat/syifa
Ibadah bulan Ramadhan seperti SHALAT TERAWIH, SHALAT TAHAJUD, SEDEKAH mampu menata SHADR ( emosi),  sehingga terlahirnya :
  • Selft control ( cepat tobat )
  • Balance life ( keseimbangan hidup )
  • Selft responsibility ( tanggung jawab yang tinggi )
  • Harmoni ( harmoni dengan orang lain )
  • Selft Awareness ( kesadaran diri yang tinggi )
Dan dengan melakukan ibadah PUASA, mampu menata HAWA, sehingga menjadikan kita mampu :
  • menyalurkan pada hal yang halal
  • tidak mendekati hal yang melejitkan hawa
  • memberikan beban ibadah yang banyak
Jika kita berhasil MENATA HATI, maka hasilnya adalah TAQWA / MUTTAQIN sehingga bonus yang Allah  SWT berikan :
  • dibukan jalan keluar yang mudah disaat kita mengalami kesulitan
  • dimudahkan problem kita
  • diberikan rezeki yang tak terduga
  • dan teristimewa adalah DIAMPUNI DOSA kita
Bagaimana dengan MENATA DIRI ..?? * _ *
Ibadah dibulan Ramdhan menjadikan kita menjadi orang yang sangat DISIPLIN, penuh keteraturan.  Memberikan KETENANGAN JIWA, jiwa yang tenang membuat kita memlikik prilaku BERSAHAJA. 
 
Dan sangat istimewa lagi kesehatan tubuh menjadi lebih baik, karena Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan toksin ( racun ) , kotoran dalam tubuh . Ketika berpuasa, cadangan energy yang tersimpan dalam organ-organ tubuh dikeluarkan. Penggunaan energy cadangan ini menyebabkan toksin terbuang, sehingga melegakan pernapasan organ –organ tubuh serta sel-sel penyimpannya dan sel-sel tubuh dibersihkan. Akibat dari detoksifikasi inilah terjadi peremajaan sel dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dengan sel – sel yang baru serta memperbaiki fungsi hormone menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh ( kekebalan )

Dengan berpuasa terjadi detoksifikasi sehingga kulit akan terlihat lebih segar, sehat, lembut dan berseri karena proses peremajaan sel-sel tubuh berjalan lebih baik. Detoksifikasi menyebabkan eritrosit meningkat. Meningkatnya eritrosit maka suplai oksigen ke sel-sel tubuh semakin banyak menyebabkan proses peremajaan sel-sel tubuh berjalan lebih baik. Oleh karena itu orang sering berpuasa kulitnya akan terlihat lebih segar, sehat, lembut dan berseri , inilah yang memberikan kecantikan pada kulit. Berpuasa juga menyebabkan kadar cholesterol , LDL cholesterol menurun, ini menjaga elastisitas pembuluh darah.

Mengenai hal ini sudah terbukti loh sobat, karena aku pernah cek darah sebelum berpuasa dan sesudah puasa, hasilnya luar biasa zat-zat yang membahayakan seperti asam urat, cholestrol menjadi turun, dan kadar gula darah juga menjadi seimbang. Jadi dengan berpuasa tubuh menjadi lebih sehat, ini bonus yang langsung kita rasakan.

Sebenarnya banyak lagi sobat.... keistimewaan ibadah di bulan Ramadhan. Oleh karena itu mari kita buat rekor dalam ibadah kita, apakah mempertahan rekor yang telah kita buat dibulan Ramadhan di tahun lalu atau malah mungkin akan menciptakan rekor baru dalam ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

Oh ya sobat ... kegembiraan ku dalam menyambut bulan suci ini menjadi bertambah karena sahabatku Zita (Bunda Loving) memberikan award yang keren banget, Zita ... makasih ya awardnya, semoga Ramadhan ini menjadikan kita orang yang MUTTAQIN. Ini nih sobat award sahabatku tersebut....

Terselip khilaf dalam candaku.......tergores luka dalam tawaku,....terbelit pilu dalam tingkahku.... Tersinggung rasa dalam bicaraku. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, dengan kerendahan hati ....Aku memohon maaf lahir dan batin.... pada sahabat blogger semua, semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan di terima oleh Allah SWT dan terlahirlah kita sebagai hamba-Nya yang TAQWA.... Aamiin

18 komentar:

  1. Makasih tipsnya mbak, saya juga mohon maaf bila banyak salah kata maupun sikap sewaktu berkunjung kesini, semoga bulan ramadhan kali ini menjadi berkah bagi kita semua...amien

    BalasHapus
  2. sarannya oke banget..

    BalasHapus
  3. Makasih yan sudah tampilkan awardku..
    Ternyata pendapat kita gak jauh beda sob...

    BalasHapus
  4. Semoga kita menjadi hamba yang tidak bosan-bosannya beribadah dan selalu berbagi mencapai manfaat

    BalasHapus
  5. wah ..tante udh pajang award bunda ya... keren ya nte...tips nya hampir sama ya tan dg bunda...makasih ya, dan mohon maaf lahir bathin dr ical, dan doain jg ical th ini full puasanya seperti tahun2 yang lalu.

    BalasHapus
  6. saran yang bermanfaat bun...semoga kita bisa menjalani ini dengan baik ya bun.

    Selamat menyambut bulan Ramadhan ya bun, dan awardnya juga udah di pasang.

    BalasHapus
  7. emang layak banget Ramadhan jadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu.. secara banyak manfaat, barokah, dan hidayah di bulan ini...

    seandainya semuanya tahu, insya alloh akan melakukan dengan semangat yaa..

    marhaban yaa ramadhan, semoga kita semua dimudahkan dalam beribadah padaNya

    maaf lair batin juga kalo selama ini ada salah2

    BalasHapus
  8. mbak,...selamat bersiap menuju ruang ramadhan ya,..
    aku minta maaf jika ada salah2 kata dan menebar sesuatu yang tidak baik kepadamu,..hiks,..
    semoga tahun ini, puasa bisa mendetoksifikasi perbuatanku..amin :)

    BalasHapus
  9. mas Arief Bayoe,mbak Ami, Zita, Blogger Fakir,Ical, Ibu Dini, mbak Kenia, Gaphe.... selamat menjalani ibadah puasa... smg semua ibadah kita dibulan Ramadhan ini melahirkan kita menjadi hamba yg MUTTAQIN, dan smg Allah mempertemukan kita di Ramadhan berikutnay.

    Mbak Fanny ... makasih ya..

    BalasHapus
  10. Selamat menunaikan ibadah puasa ya,,..
    mohon maaf yang sebesar''nya sebelum memasuki ramadhan ini.. makasi ya,,..

    BalasHapus
  11. Selamat menjalankan ibadah puasa mbak.. maafkan salah2 kata selama ini ya?

    Postingannya oke banget nih. Salut !

    BalasHapus
  12. maap sob telat, ternyata blognya dua dengan template yang sama, tapi isinya beda. wah sangat bermanfaat banget nih. jadi pengen menambah amal ibadah pada ramadhan kali ini. dan alhamdulillah juga, saya udah mulai tadarusan sob.

    BalasHapus
  13. Selamat Ramadhan....baru di usia sekarang menikmati indahnya ramadhan dengan berburu pahala...

    kalo dulu mikirnya asikk puasa bentar lagi lebaran dapet baju baru hehhehhe....ternyata sekarang baru disadarkan....Alhamdulillah

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum,.
    berkunjung kembali tuk jalan'',,.
    blm update baru nie?

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya