Kamis, 07 November 2013

Mengoptimalkan Manfaat Puasa

Bismillahirromanirrohim

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ



“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)"
Alhamdulillah, selesai sudah berbuka ... lepas sudah dahaga ini.


                                  

Foto diatas adalah menu yang saya sediakan setiap berbuka. Memilih kurma, sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Saat berbuka dianjurkan memakan makan / minuman yang manis, kurma adalah sumber gula yang baik dan sumber mineral yang baik, seperti yang pernah saya bahas di Memaknai Ramadhan , karena menyadari begitu banyak manfaatnya kurma tersebut, maka setiap berbuka selalu menyediakan kurma, sama seperti berbuka hari ini.

Disamping kurma, saya juga menyediakan buah Naga, memilih buah Naga dengan alasan kandungan air cukup banyak dan rasanya segar sekali, pas banget untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Dalam buah Naga terdapat banyak manfaat, diantaranya ;

1. Merawat Kesehatan Kulit , 

Menghambat Penuaan Dini
Anti oksidan yang terkandung dalam Buah naga dapat mengambat proses penuaan dini yang biasa dialami oleh seseorang yang setiap harinya terpapar oleh polusi udara. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah apel.



2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain Vitamin B2 dan B1 buah naga juga banyak menyimpan Vitamin B3 yang jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif. Jika kolesterol darah menurun maka seseorang akan dijauhkan dari yang namanya gangguan peredaran darah dan jantung.

Dengan menambah buah naga dan kurma dalam menu berbuka puasa ini semakin optimallah manfaat berpuasa itu. Karena salah satu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, adalah untuk detokfikasi yakni proses pembuangan racun-racun dari dalam tubuh dan kurma dan buah naga menyempurnakan detokfikasi itu. Insya Allah tubuh semakin fit dan sehat.

Saya lebih memilih mengkonsumsi buah terlebih dahulu sebelum makan utama, dengan tujuan agar meyempurnakan pencernaan makanan yang akan saya makan setelah selesai menunaikan shalat Isya, jadi ada waktu jeda 1 jam sebelum memakan menu utamanya, ini mengoptimalkan manfaat puasa, karena mengkonsumsi buah seperti yang di anjur Rasulullah yaitu cara mengkonsumsi beberapa waktu sebelum makan menu utama. Agar buah tidak menghasilkan zat yang akan merusak nilai gizi dari menu utama itu.

Jadi itulah alasan saya memilih menu tersebut, karena ingin mengoptimalkan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh saya, sehingga dengan berpuasa dan memilih menu dengan bijak maka akan di dapatkan tubuh menjadi lebih sehat.

7 komentar:

  1. Kurma dan buah naga utk berbuka... mantap bener Mbak.
    Katanya buah naga juga bagus utk menurunkan tekanan darah tinggi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, baik juga di konsumsi oleh penderita hipertensi

      Hapus
  2. betul juga Bund...apalagi kandungan zat gizi dalam kurma luar biasa banyak...lagian kalau makan kurma, tenaga kita cepet pulih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar banget, mbak.. jadi pas banget utk berbuka

      Hapus
  3. Saya belum pernah mencoba buah naga ....
    Padahal huenak katanya...
    Puasa bisa bikin aku langsingan buat aku yg tergolong gembul hihihi>

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya