Rabu, 06 November 2013

Cerita ABG : Anak Bangsa Generasi baru

Bismillahirromanirrohim

Kalau sudah bicara tentang ABG banyak cerita yang membuat kita tersenyum bangga, atau tersenyum  sambil urut dada karena kekocakkannya atau kekonyolannya. Ini yang saya rasakan dari hari Senin hingga Jum'at, dari Jam 7 pagi hingga Jam 3.30 siang..... lah kok bisa .....?  yaa iyalah saya khan guru di sebuah SMA di Balikpapan, tepatnya SMA Patra Dharma Balikpapan. 

23 tahun sudah saya melewati hari-hari bersama ABG, datang - pergi silih berganti. Banyak kenangan, cerita - cerita lucu yang mewarnai perjalanan itu. Bersama mereka membuat saya nggak pernah merasa tua....hehehehe ^_^ 


                        
 
Setiap hari ada saja kejadian-kejadian lucu yang saya temui disaat bersama mereka... kadang kala kepolosan diantara mereka juga membuat saya tersenyum. Menurut saya, kekonyolan mereka itu adalah sebuah kreativitas, karena mereka melakukan sesuatu yang tidak lazim, selama masih di koridor kesopanan. Hanya saja sering kita sebagai orang tua tidak dapat menerimanya karena kita menilai dari kaca mata kita sebagai orang tua. 

ABG bagi saya adalah sebuah kain dalam proses pemberian motif diselembar kain, motif yang akan dilahirkan bergantung sekali dengan orang-orang disekitarnya, misalnya orang tua, saudara, teman-temannya dan tak lupa GURU. Setiap manusia yang diciptakan Allah dengan dilengkapi sebuah atau beberapa "talenta", orang-orang yang disekitarnya hanya tinggal memberi sedikit penguat pada "talenta" yang Allah telah lengkapi dari penciptaan-Nya itu.

Banyak dilahirkan ABG dengan segudang prestasi, tapi sayang tak banyak yang mengeksposnya, media sosial atau masyarakat lebih banyak mengangkat ABG yang melakukan keonaran, kejahatan, tawuran. ABG seperti ini bagai setitik warna hitam di secarik kertas putih, walau dia hanya sebuah titik kecil, tapi lebih jelas terlihat dibandingkan warna putih yang besar di kertas tersebut, ini disebabkan cara memandang pada sesuatu hal sebagian orang masing - masing berbeda, kita masih lebih fokus dalam hal kecil dibandingkan hal-hal yang besar, makanya yang lebih cepat terlihat adalah titik kecil warna hitam dibandingkan lingkaran besar warna putih.

Dari pengamatan saya, banyak loh yang mereka disaat masih ABG yang nyeleneh dengan ide-ide yang tak lazim, jauh lebih sukses dibandingkan mereka dengan ABG yang selalu berada di zona aman, dimana mereka takut berkreasi.  Saya jadi ingat dengan ABG tempo dulu ( Angkatan Bareng Gue ), teman-teman saya yang banyak melahirkan keisengan waktu itu, saat ini kehidupannya jauh lebih baik dari pada saya, mereka telah menjadi pengusaha sukses, Kapolsek, protokuler Gubenur, saya tidak pernah membayangkan mereka bisa memimpin kalau melihat kekonyolan mereka sewaktu SMA.

Setelah saya mempelajari tentang otak kanan, ternyata "ide-ide yang tak lazim itu yang dianggap nyeleneh itu lahir dari otak kanan. Karena otak kanan lebih banyak menghasilkan kreativitas dibandingkan otak kiri yang lebih terstruktur. Otak kanan penyumbang 85% kesuksesan pada seseorang dan sisanya otak kiri. Saya baru menyadari hal itu mengapa saya tidak begitu kreatif karena lebih dominan memfungsikan  otak kiri....(jadi malu nih)

Ini menjadi tanggung jawab kami para guru untuk mengasah atau mengembangkan perkembangan otak kanan anak didik kami, agar kami ikut memberi warna yang indah di perjalanan hidup ABG di Indonesia ini. Banyak cara yang dapat kita lakukan bersama untuk meyiapkan  Anak Bangsa Generasi baru ini menjadi lebih baik, untuk menjaga Negara Indonesia tercinta ini.

SMA Patra Dharma ikut menyiapkan Anak Bangsa Generasi baru ini dengan berbagai aktivitas untuk mengoptimalkan perkembangan otak kanan mereka agar terlahir pemimpin baru yang lebih baik lagi menghantarkan Negara ini menjadi negara maju.









Ini beberapa kegiatan di SMA Patra Dharma Balikpapan. 

             "Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger"

21 komentar:

  1. terima kasih turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

    artikel sudah tercatat sebagai peserta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah .... akhirnya bisa ikutan GA
      Trimakasih kunjungannya

      Hapus
    2. Akhirnya mbak Sukma ikutan juga....
      Sehari-hari berkumpul bersama ABG jadi memudahkan membuat tulisan ini ya mbak.

      Hapus
    3. iya mbak Reni, baru pnuya keberaniaan ...^_^

      Hapus
  2. kira-kira saya termasuk Angkatan bareng Gue nggak ya Mbak ? hhh
    Temen-temen ABG seangkatan saya juga demikian Mbak, mereka yang dulu selenge'an ternyata banyak yang menjadi pejabat di negeri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya mas termasuk Angkatan Bareng Gue deh.... ^_^
      mereka yg dulu nggak pernah kita bayangin akan memimpin ternyata mereka lebih hebat saat ini.

      Hapus
  3. justru otak kananku tidak berfungsi sama sekali :)
    Ternyata ibu guru pernah mudah juga to :)

    BalasHapus
  4. dengan banyaknya artikel2 ABG yg baik di google,, maka ABGB (Anak Bangsa Generasi Baru) akan menuju jalan yang benar....:)
    Salam Kenal Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih ya kunjungannya.....OK saya balik berkunjung

      Hapus
  5. Gak ada orang yang lebih sukses dari pada guru yang memiliki murid yang sukses meskipun itu pengusaha sukses, Kapolsek, protokuler Gubenur

    BalasHapus
  6. Sistem mengajar secara otak kanan sepertinya memang sangat jarang bisa ditemui di lembaga2 pendidikan formal.. Karna toh memang yang dituntut adalah kedisiplinan, keteraturan, serba terjadwal, seragam dll. Itu semua kan mengarah ke sistem otak kiri. Gimanapun otak kanan memang perlu dikembangkan.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali pendidikan dgn mengembangkan otak kanan hanya sering diterapkan hanya di TK,, tapi tidak dilanjutkan pad tingkat berikutnya.

      Hapus
  7. Maaf artikel Cerita ABG anda bermasalah, mohon segera diverifikasi.. ! Terima kasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya apa toh ..... dan kok alamatnya bukan " WARUNG BLOGGER" sebagai penyelenggara

      Hapus
  8. cuaca dingin begini asiknya baca-baca informasi bermanfaat yang seperti ini dulu, terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  9. Artikel ini sangat menarik untuk di simak dan bagus untuk di jadikan referensi

    BalasHapus
  10. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak kak ?? :) Tebakan yang tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe :D

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya