Jumat, 13 Januari 2012

SALING MENYAYANGi



Bismillahirrohmanirrohiim.

Disebuah desa yang subur hiduplah 2 lelaki bersaudara. Sang kakak telah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak, sedangkan sang adik masih melajang. Mereka menggarap lahan  warisan  kedua orang tua mereka. Dan ketika panen,hasilnya mereka bagi sama rata.

Disuatu malam setelah panen si adik duduk sendirian dan berfikir, “ pembagian ini tidak sungguh tidak adil, seharusnya kakakku lah yang mendapatkan bagian lebih banyak karena dia hidup dengan istri dan  kedua anaknya, berarti dia lebih membutuhkan dibandingkan diriku yang hanya seorang diri”.

Dengan pemikiran itulah dia membagi hasil panennya untuk sang kakak, maka secara diam-diam dia meletakan sekarung miliknya di lumbung milik sang kakak.

Sang kakak juga mempunyai pemikiran yang sama terhadap adiknya, “ pembagian ini akan jadi menjadi adil jika adikku yang mendapatkan lebih banyak dibandingkan diriku, karena ia hidup seorang diri, jika terjadi apa-apa dengannya tak ada yang mengurusnya, sedangkan aku ada istri dan 2 anakku yang kelak akan merawatku”

Sang kakakpun juga bergegas mengambil satu karung miliknya dan mengantarkannya  diam-diam ke lumbung milik sang adik.


Kejadian itu terjadi bertahun-tahun. Dalam benak mereka penuh tanda tanya, mengapa lumbung padi mereka seperti tidak berkurang meski masing – masing mereka telah menguranginya setiap kali panen …?

Hingga di suatu malam yang lengang setelah panen, masing – masing mereka mengantarkan sekarung miliknya, tanpa sengaja mereka bertemu di tengah jalan yang sedang menggotong satu karung padi .

Tanda tanya mereka selama ini terjawab sudah, seketika mereka saling memeluk erat, mereka sungguh TERHARU menyadari betapa mereka SALING MENYAYANGi.

Allah telah menanamkan CINTA pada hati mereka yang mau lelah memikirkan nasib saudara – saudara mereka.

Renungannya :
Beginilah seharusnya kita bersaudara. Harta tidak menjadikan pemicu permusuhan melainkan menjadi perekat yang teramat kuat diantara saudara.

6 komentar:

  1. Jerapahnya nutupin tulisan sedikit. Memang manusia harusnya saling menyayangi dan memaafkan...

    Kalo udah pake moderasi gak usah pake verifikasi mbak. Masuk setting, comment, di verifikasi NO. Sekedar saran.

    Salam sayang dari Jogja

    BalasHapus
  2. Wah, mataku jadi gerimis bacanya Bu Guru ^^ Seandainya kita semua bisa seperti kakak beradik itu

    BalasHapus
  3. kebaikan yg dilakukan dgn diam2 menunjukkan mungkin arti ketulusan dan saling mengasihi,,jadinya mengharu biru

    BalasHapus
  4. Subhanallah.. bagus bgt ceritanya mbak.. pasti org tua mereka adalah org tua yg bhasil menanamkan cinta dan kasih syg.. bandingkan ama kondisi org2 skitar qt yg kadang sesama saudara malah bmusuhan..

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya