Kamis, 14 April 2011

Kebiasaan kerja yang baik

 Waduh .... kapan selesainya nich tumpukan ini ...???

Setiap melihat tumpukan seperti digambar diatas, pasti muncul ekspresi demikian, iya khan sobat. Jadi belum dikerjakan aja tapi sudah merasakan kelelahan dan kecemasan dalam diri kita, iya khan.....???


Ada beberapa tips nich sobat yang dapat membantu mengurangi kelelahan  dan kekhawatiran dalam menyelesaikan tumpukan pekerjaan tersebut.
  • Singkirkan semua kertas dari meja kerja kita, kecuali yang sedang digarap. 
Melihat meja penuh dengan surat dan laporan menyebabkan dihantui perasaan keharusan atau kewajiban; rangkaian hal-hal yang tidak pernah habis, padahal harus dirampungkan. Perasaan demikian akan  menimbulkan keracunan, ketegangan, dan kecemasan. Bahkan lebih buruk lagi akan menyebabkan tekanan darah tinggi, jantung dan radang perut.
 
  • Kerjakan hal-hal menurut kepentingannya.
Dua kemampuan yang tak ternilai harganya : pertama, kemampuan berpikir. Kedua, kemampuan untuk mengerjakan hal-hal menurut urutan kepentingannya. Dengan merencanakan untuk melakukan hal-hal menurut urutan yang penting didulukan, pasti akan lebih baik.
  • Kalau ada masalah, segera putuskan berdasarkan fakta yang diperlukan, jangan menunda keputusan.
Keputusan segera diambil untuk tiap masalah sebelum beralih ke yang lain. Dengan tidak ada penundaan keputusan maka menyelamatkan tumpukan dokumen menjadi bersih sehingga kekhawatiran kerena dihantui problem yang tak terselesaikan akan hilang.
  • Belajar mengorganisasikan dan mewakili.
Janganlah mengerjakan sendiri segala sesuatunya. Hasilnya: rancu, penuh tetek bengek. Adanya perasaan terburu-buru, khawatir, cemas, dan tegang serta kelelahan. Belajar mendelegasikan kepada orang lain memang sukar, karena kita sering berpikir akan adanya bencana yang dapat ditimbulkan karena mendelegasikan wewenang kepada orang lain. Ternyata pemikiran kita tersebut sangat keliru.
 
So .... mungkin  dengan 4 tips tersebut bisa membantu kita melenyapkan dari perasaan kelelahan dan kekhawatiran. Semoga bermanfaat ya sobat.

12 komentar:

  1. Mba aku baru ol lagi nich..
    Kalau aku belajar mendelegasikan itu yang rumit mba, setidaknya kita hqarus memounyai jiwa kepemimpinan dalam delegasi.

    Pokona point jangan menunda pekerjaan itu yang aku setuju banget, kalau pun tidak menumpuk kan bisa di cicil supaya tidak menumpuk..betul ya mba?
    CMIIW

    BalasHapus
  2. berkunjung dan baca2, tipsnya mantap, saya kadang merasakan kelelahan dan kecemasan juga kalau dihadapkan dengan kerjaan yang menumpuk, dengan baca tips ini dan mempraktekannya sepertinya tidak ada salahnya.. very good..

    BalasHapus
  3. berkunjung an baca2, tips yang mantap, tidak ada salahnya dicoba, jangan menyerah pada pekerjaan yang menumpuk, saya harus terus berjuang, he.. terimakasih mba..

    BalasHapus
  4. Setuju ama sarah, dont wait till tomorrow what you can do today..

    tipsnya bagus bgt mbak... :)

    BalasHapus
  5. semuanya benar. dg kata lain harus terorganisir ya

    BalasHapus
  6. Bener mb..
    Saya selalu melakukan pekerjaan dimulai dari pertama yang masuk hingga paling akhir, kecuali ada yang sangat penting harus didulukan.

    Selesaikan satu baru masuk ke bagian kedua, dengan gini pekerjaan bisa selesai dgn rapi

    BalasHapus
  7. bagus banget yan tip nya...

    yah..klau lht tumpukan itu jd ingat lht tumpukan buku2 ical yg penuhin meja belajarnya..dari buku kls 1 sampai sekarang..belum lagi dg tumpukan kertas2 soal...duh bikin aku yg puyeng msk kamarnya....

    BalasHapus
  8. tips berguna sekali...TQ..
    klo saya apa yang bisa di kerjakan hari ini ya di kerjakan hari ini..jadinya gak numpuk2..kayak gmbr di atas.

    BalasHapus
  9. jiahh,,, susah bener mau bekerja yg profesional. "rajin pangkal kaya"

    BalasHapus
  10. Aku dulu punya bos yg gak suka banget kalau di atas meja banyak tumpukan kertas. Dia maunya meja rapi agar kerjaan juga rapi... :D

    BTW, makasih banget udah rajin jenguk aku selama diklat mbak.

    BalasHapus
  11. Wah, kalau tumpukan kertasnya setinggi itu sih... pasti pusing tante hahaha

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya