Jumat, 14 Juni 2013

Untuk Cantik.....gak harus ke salon toh !!!!


Bismillahirrohmanirrohiim

Sejak kemaren baca status beberapa teman di FB  "manjakan diri dulu ah di salon" . Ya kok  bersamaan juga ya  teman-teman  di kantor  juga membicarakan tempat yang bagus perawatan badan dan wajah. Dan masing-masing mengatakan tempat yang biasa di kunjungi bagus. Seru juga dengar mereka adu argument, yaaa iyalah pasti seru....ibu-ibu kalo ngumpul pasti heboh lah. Saya hanya jadi pendengar yang baik aja jadinya, karena gak ada yang dapat saya jadi refrensi kepada mereka, lah gak pernah ke tempat yang seperti itu.

Melihat saya cuma diam dan senyum-senyum, mereka celetuk...." Kalo kamu dimana biasa melakukan perawatan?". Saya jawab; "gak pernah ketempat seperti itu"......trus mereka koment "ah yang benar aja, gak mungkin deh".  Saya jadi heran kok mereka gak percaya, apa aneh ya hari gini ada  wanita yang gak pernah melakukan perawatan rutin ke salon?. Waduhhhh.......jadi wanita langka donk saya ini, bicara dalam hati.

Semua di ruang itu tetap  aja gak  percaya dengan jawaban saya....."ah yang benar aja ... kulit nya seperti ini gak rutin ke salon". Saya tetap kekeh bilang, "gak pernah".  Trus mereka penasaran ...."gimana dong cara merawatnya ".



Akhirnya saya jelaskan kalau tempat perawatan nya di rumah sendiri, merawat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di kulkas...kadang-kadang pakai mayones, buah-buahan yang lagi ada di kulkas. Pasti kebayang wajah mereka..... Mata agak sedikit melotot....mulut membentuk huruf O ....Dan dengan suara kompak seperti paduan suara...."masa' sih....yang benar ajaaaaaa". Semoga sobat-sobat blog yang baca ini tidak melakukan hal yang sama.

Supaya mereka gak penasaran, akhirnya saya beberkanlah rahasia  kecantikan saya, hehehe...... Cielaaa GR.com nih ^_^.....gak ada yang protes khan ....hehehehehe 

Karena saya ini gak betah berlama-lama di tempat perawatan diri seperti teman-teman kunjungi, maka solusinya yaa saya lakukan di rumah sendiri, dan bahannya yang amanlah bagi kulit saya. Karena saya ini guru biologi sedikit banyak tahu manfaat buah-buahan, maka jatuhlah pilihan dengan bahan utamanya buah-buahan yang tersedia di kulkas. 

Awal perawatan nya sama aja dengan yang teman-teman dapati di tempat perawatan itu..... Bersihkan dulu muka dari sisa riasan wajah dengan susu pembersih dan penyengarnya, lanjutkan dengan scrub, untuk scrub saya pakai susu bubuk (merek apa aja boleh) diaduk dengan madu lalu olesan secara merata dan biarkan selama 5-10 menit, setelah itu  gosok secara perlahan-lahan kemudian bilas dengan was lap yang diberi air hangat, keringkan dan selanjutnya bisa menggunakan masker wajah buatan sendiri. 
Kegunaan scrub adalah membantu melepaskan sel-sel kulit yang sudah mati agar tidak tertumpuk pada permukaan kulit. Tumpukan sel-sel kulit yang sudah mati inilah menyebabkan kulit terlihat kasar dan kusam. Sehingga sel-sel kulit yang barulah yang terlihat di permukaan kulit.

Untuk bahan masker wajah biasanya apa yang tersedia di dalam kulkas. Kadang-kadang putih telur,tomat, pepaya, pisang, wortel, apa aja lah yang ada di kulkas. Karena kulit wajah saya cenderung kering, maka bahan masker nya selalu saya kombinasikan denga madu dan mayones.

OK.... Ini diantaranya resep masker wajah yang dapat di buat sendiri ....

  •  Masker pisang, kegunaanya ; membantu mengatasi kerutan pada wajah. Ambil  sedikit pisang Ambon yang sudah matang , hancurkan dan campurkan sedikit madu.  Oleskan campuran ini keseluruh wajah, kemudian selama 15-20 menit. Bilas dengan air   hangat dan ulang denga air dingin. Lakukan seminggu sekali.
Untuk masker buah-buahan yang lain sama caranya. Untuk menghilangkan flek pada wajah dapat di gunakan masker tomat, pepaya, lemon, karena bahan ini kaya akan vitamin C yang efektif menghilangkan flek-flek di wajah, dan kandungan vitamin C membantu mencerahkan kulit. Semua buah-buahan yang kaya akan vitamin A,C,E  sangat bagus di gunakan sebagai bahan masker wajah. Karena untuk perawatan kulit di perlukan vitamin tersebut. Vitamin A dan E membantu menjaga kelembaban dan Kekenyalan kulit sedangkan vitamin C membantu menjadikan kulit bersih dan cerah. Dan  putih telur yang kaya protein membantu meregenerasi sel kulit, sehingga terbentuk  sel - sel kulit baru pada lapisan epidermis kulit.

Dan yang gak kalah  penting adalah perawatan dari dalam tubuh, yakni detox  tubuh. Beberapa cara mendetox diri; 

Detox pada tubuh dengan membiasakan diri setiap pagi hari minum air putih hangat dengan di beri perasan air lemon / jeruk nipis dan sesendok madu lalu aduk dan minum sebelum sarapan pagi, ini membantu kerja organ hati membersihkan racun - racun dalam tubuh. Manfaat dari terbuang nya racun-racun dalam tubuh maka kulit terlihat cerah.

Detox lainya adalah puasa sunat di setiap Senin dan Kamis. Puasa membantu tubuh melakukan autolisis yaitu membunuh sel-sel tubuh yang sudah tua, sehingga pembentukan sel-sel tubuh yang baru terjadi lebih cepat dan lebih baik. Munculnya sel-sel baru memancarkan kecerahan pada kulit.. Jadi ada banyak faedah yang kita dapat dari berpuasa tersebut.

Detox hati.....beningkan hati (kalbu) dengan menyediakan waktu yang cukup untuk dzikir dan membaca Al-Quran. Ritual ini sangat efektif membeningkan hati, membuat jiwa tenang, selalu berprasangka baik, jauh dari sifat iri, dengki. Beningnya hati memancarkan kecerahan pada kulit.

Dan yang tidak  kalah penting adalah sediakan waktu minimal 3 x seminggu untuk berolah raga. Karena Olah raga membantu mensuplai oksigen lebih banyak kedalam tubuh. Jika tubuh cukup oksigen maka sel-sel tubuh juga cukup mendapatkan suplai oksigen, sehingga mencegah kematian pada sel-sel tubuh. Itu lah mengapa saya lebih memilih berlama -lama ditempat gym dari pada di salon, karena manfaatnya lebih banyak.... Berolah raga rutin 3 x seminggu terjadi penundaan penuaan 10 tahun. Pasti berminat khan terlihat lebih muda 10 tahun dari umur yang sebenarnya.

Gimana sobat-sobat semua..... Gak harus ke tempat perawatan khusus khan untuk cantik. Dan sangat murah lagi biayanya ....hmmmmm ada bapak-bapak yang senyum lega nih dan berharap istrinya membaca tulisan saya, karena gak harus  nguras kantong untuk biaya istri ke salon...ayoo ngaku deh ^_^ hehehehe...@canda.com








6 komentar:

  1. Kalo ada waktu dan ada duit sesekali memanjakan diri disalonitu juga paling pijat lulur atau hair spa selebihnya ya di rumah saja, apalagi disalon itu biasaanya perlu waktu yang banyaaaaak aku ah...mana sempat berlama lama bisadiprotes anakku...he...he...ya banyakan dirumah yang penting pikir positif banyak senyum dan tertawa dan bersyukur tentunya

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih banyak lo mbak utk sharing ttg rahasia awet mudanya. Patut untuk segera aku praktekkan juga nih. Sekali lagi terimakasih mbakkuuuu... :)

    BalasHapus
  3. Nah itu dia... aku tuh jarang sekali olah raga... hiksss... Makin gendut aja aku sekarang mbak.
    Duh susah banget aku untuk memulai kegiatan yang satu ini, padahal aku tahu banget banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  4. Detox yang dengan air putih plus lemon dan madu yang belum pernah saya lakukan Mbak, saya sangat tertaarik dengan metode ini. Biasanya bangun tidur cuman air putih saja satu gelas tanpa tambahan apa-apa.
    Semoga kita semua diberikan kekuatan dan istiqomah untuk melakukan detox hati, karena dengan hati yang bersih dan sehat, Insya Alloh akan memancar ke seluruh sel tubuh kita dandengan itu diri dan wajah kita pun akan terlihat sehat.
    Terima kasih atas sharing yang sangat bermanfaat ini Mbak.
    Salam untuk keluarga di Balikpapan. Mudah-mudahan kalo saya ada kesempatan ke keluarha di Sepaku PPU, kita bisa silaturahim

    BalasHapus
  5. @Ladyinthemirror ......iya mbak sih sah-sah aja memanjakan diri di tempat perawatan, tapi mereka tak punya waktu dan Dana terbatas solusinya cukup di lakukan di rumah sendiri, sehingga tetap dpt melakukan perawatan

    @ mbak Reni...... Ayo mulai berolah raga, pilih yg disukai dan happy menjalaninya agar produksi hormone Endorfin maksimal.

    @ mas Ies, detox dgn air di tambah lemon atau jeruk nipis bagus banget utk kerja organ hati membuang racun dlm tubuh, jgn was-wa ....takut akan perih di perut, gak akan terjadi mas, krn justru dpt menekan asam lambung krn air jeruk nipis atau lemon sifat Alkali...jadi malah aman utk penderita mag.
    Insyallah bisa istiqomah dgn detox kalbu

    Wah senang banget kalau mas Ies bisa mampir .....kalau ke Balikpapan mas wajib kabari saya loh.

    BalasHapus
  6. kalo sy sebagai laki2, sepertinya ogah ke salon. tapi gak tau yg lain, yg jelas istri sy suka minimalis, membiasakan diri dg energi positif dan herbalis. cukup minum setiap bangun pagi dan berolah raga rutin. thats all

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya