Jumat, 10 Desember 2010

Berpikir positif

Bila dalam kehidupan ini di keseharian-hariannya kita dapat berpikir positif, maka  beban dalam hidup terasa ringan. Dengan berpikir positif kita lebih bisa bersyukur, lebih bisa menerima apa adanya, lebih bisa toleran, lebih bisa memaafkan.  Jika kita bisa bersikap demikian akan terasalah hidup ini  begitu indah.
Tapi sering kita merasakan untuk bersikap itu sulit, sering mengalami kendala, karena dilingkungan  kita lebih sering menemukan orang yang berpikir negatif. Untuk bisa kita selalu berpikir positif ada beberapa tips, diantaranya :

  • Bergaulah dengan orang yang tepat, yaitu orang yang membangkitkan semangat dan yang dapat menginspirasikan banyak hal.
  • Mengurangi informasi negatif. Apalagi saat ini kita lebih sering disuguhkan informasi tentang ketidak jujuran ( korupsi ), pembunuhan, penipuan dll.  Dan jauhi kebiasaan bergosip karena gosip lebih banyak mendapatkan informasi negatifnya dibandingkan  informasi positifnya. Maka mulailah saat ini kita mengkonsumsi informasi yang membangkitkan optimisme, misalnya informasi tentang keharmonisan, kepedulian pada sesama, kejujuran, perjuangan orang2 kecil, cinta kasih.
  • Mengfokuskan diri hanya kepada hal-hal yang positif, yaitu dengan cara lebih mensyukuri karunia Allah SWT , yakini setiap Allah berikan adalah yang terbaik bagi kita. Lebih banyak melakukan perenungan betapa besarnya anugrah dan karunia yang Allah berikan kepada kita.
  • Menerima kejadian apa adanya dan menghilangkan kesan negatif atau trauma.  Mencoba memahami hikmah dibalik setiap peristiwa yang kita alami.
Untuk membudayakan berpikir positif terbentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang positif pula.  Semoga kita dapat mengisi hari-hari kita dengan pikiran positif agar kita rasakan kehidupan yang begitu  indah.

3 komentar:

  1. berpikiran positif tuh kadang susah ngejalaninnya.. tapi begitu udah kebiasaan jadi ringan dan selalu positive thinking koq.

    BalasHapus
  2. Luar biasa ... it's so motivated . Salam kenal saya coba browsing tentang balikpapan, karena mo expand usaha di balikpapan yang keluar kedapet blog ini. Tx, anyway it's great blog :)

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya