Rabu, 06 April 2011

F B Y

Aku mau nanggapi komentnya mas Wage R nih .... "ya klo bisa jgn terlalu galak jangan juga terlalu lembut.klo terlalu galak muridnya nnt malah jd tegang belajarnya,klo terlalu lembut malah jd manja muridnya..ya gak ya gak..."

Menurutku benar juga tuh, kalau " galak" ntar murid-muridnya tersiksa banget di dalam kelas, kerasa lama banget dech waktu di kelas itu bagi murid-murid. 
Sttt ... untung aku gak bisa galak, mau " marah " aja sering gak sukses. Karena kalau aku mau "marah" pasti siwa-siwa ku nyeletuk begini: " bunda .... kalau marah penuh penghayatan donk.... jadi kita-kita tau bunda lagi marah", coba banyangkan sobat .... apa yg terjadi selanjutnya.... ya ... pasti aku malah gak jadi marah ... eh malah senyum - senyum  aja jadinya. Akhirnya aku hanya bisa bicara dari hati kehati pada mereka.

Mungkin seperti mas Wage katakan siswa-siswaku jadi manja banget kali ya ...??? Ku akui iya .... mereka manja sekali pada ku, ada kalanya aku diperlakukan mereka layaknya orang tuanya sendiri, adakalanya aku diperlakukan seperti temannya sendiri, bahkan ada juga yang anggap aku  " pacar"nya. Ups .... pasti sobat heran .... iya khan ...??

Di beberapa kalangan siswa-siswaku, aku dapat julukan F B Y (pelesetan dari  F B I) yang artinya " Fans Berat Bu Yanti", terutama di kalangan siswa-siswaku yang cowok, maklum siswa-siswaku ABG (Siswa SMA).

Memang ada diantara mereka menyukaiku sudah sangat berlebihan, mereka dengan bangganya mengatakan kepada teman-temannya bahwa ia  sangat menyukai ku. 

Aku ingat salah satu siswaku angkatan tahun 1997, setahun yang lalu sering sekali mengirimkan SMS mesra pada ku, layaknya SMS kepada pacarnya. Berkali-kali  aku protes padanya agar tidak memperlakukan aku seperti itu, tapi tak pernah digubrisnya. Akhirnya senjata terakhirku adalah mengancam akan melaporkan ini pada suamiku, yang juga mantan guru dia. Barulah SMS mesra itu berakhir. Tapi dia berpesan pada salah satu temannya, yang kebetulan sekarang jadi teman kerjaku di sekolah, mengatakan " bu yanti tidak bisa memaksa aku berhenti menyukainya". Duh .... ku pikir terlalu banget tuh anak, dan ku berharap dia belum juga berumah tangga bukan aku penyebabnya.

Ada lagi nih pengalaman aneh yang aku alami. Karena sangat begitu dekatnya  aku dengan siswa-siswaku , baik yang perempuan maupun yang laki-laki, mereka sangat terbuka sekali dan sangat manja sekali padaku, aku tak pernah berpikir yang aneh-aneh terhadap mereka, bagiku mereka adalah anak-anak ku.

Salah satu siswiku sangat manja sekali padaku, ah ......ku pikir dia bermanja layaknya seperti kepada mama/ ibu nya, ternyata dia adalah anggota F B Y juga, betapa kagetnya aku diceritakan oleh siswa-siswa ku yang lain. Dan aku mulai agak menjauh darinya ... ternyata berdampak pada hasil pelajarannya, aku sempat bingung menghadapinya. Tapi ... syukurlah bisa ku selesaikan dengan baik tanpa membuat dia "terluka" dan aku berdo'a agar dia tidak lagi menyukai "sejenis".

Setiap angkatan (tahun) selalu saja ada yang F B Y. Bagi ku ada F BY itu, banyak manfaatnya juga loh.... mereka tidak mau membolos di jam pelajaranku , selalu memperhatikan pelajaran ku dan akhirnya hasil pelajaran biologi nilainya menjadi  lebih baik, karena kalau nilainya jelek, mereka menjadi "malu" banget pada ku. Aku salalu berharap mereka menyayangiku dan menghormatiku seperti layaknya  kepada orang tua mereka sendiri. Dan semoga aku dapat membekali mereka sesuatu menuju keberhasilanya kelak.

Ah .... aku heran mengapa siswa-siswaku sekarang bersikap kepada gurunya, tidak seperti aku dengan guru-guru ku diwaktu aku di SMP atau DI SMA. Aku dulu tidak begitu dekat dengan guru, mungkin lebih ada perasaan "takut". Apakah aku terlalu lembut kali ya ...sobat....???. Apakah aku harus merubahnya ....?? Yaa .....zaman sudah berubah ya ... sobat.....???


14 komentar:

  1. Iya mbak... zaman udah berubah. Kalo dulu orang2 segan plus takut ma guru. sekarang? bisa kompak banget... :)

    btw, keren banget bu guru satu ini, sampe ada fans clubnya hehehe

    BalasHapus
  2. hahhaha..julukan nya keren ya mb, sudah menunjukkan kalau Ibu Sukma ini emang baik hati dan lembut buktinya banyak anak2 yang begitu dekat.
    Kata Zasachi benar kalau dulu kita takut banget sama guru...kalau sekarang anak2 lebih cepat kompak kepada gurunya. Apalgi kalau gurunya muda trus cantik dan keren.

    BalasHapus
  3. Jadi guru itu memang siswanya banyak yang kasih cap. Apa killer, perhatian, ato gimanalah...

    Tapi ada FBY, saya gabung boleh gak? Seru kayaknya deh...

    BalasHapus
  4. Apakah itu menyulitkan, Bu Yanti? Punya penggemar, apakah itu menyebalkan?

    BalasHapus
  5. waaahhh sampai ada FBY...bu yanti saya ikutan ya jadi anggotanya FBY....sampai segitunya....

    Tapi emang bener koq mbak sukma keponakanku juga gitu cerita ke saya sewaktu saya tanya mau kemana..ehh dia bilang berangkat les ke tempat gurunya soalnya baru di sms suruh segera datang karena sudah disiapkan nasi goreng di rumahnya....hmmm...jaman memang sudah berubah...

    BalasHapus
  6. duh untung bu gurunya udah menikah kalo gak bisa ditaksir banyak murid pria ya.

    Bener kan tebakan saya. kalo bu Yanti itu guru yg lembut dan baik hati sampai disukai murid2nya sedemikian rupa

    BalasHapus
  7. nea ikutan fans clu FBY juga ahhh;)

    BalasHapus
  8. Hebat banget bu guru satu ini ya..? Fansnya banyak sekali. Kalau shasa jadi muridnya, pasti udah ikutan ngefans juga tuh.

    BalasHapus
  9. Hebat banget bu guru satu ini ya..? Fansnya banyak sekali. Kalau shasa jadi muridnya, pasti udah ikutan ngefans juga tuh.

    BalasHapus
  10. murid2nya sampai segitunya ya..? itu berarti mbak sukma emang top banget deh. guru2 yg laen iri gak ya? hehehe

    BalasHapus
  11. Yang daftar FBY banyak juga ya? Shasa ikutan ya tante...?

    BalasHapus
  12. Anak zaman sekarang, terkadang kelewatan bandelnya.. mau gak mau guru harus tegas agar tdk di remehkan. tegas berbeda dengan galak..

    BalasHapus
  13. Keren....ntar klu ical udh UN tak suruh ikutan daftar FBY mu ya....

    BalasHapus
  14. duuh makasih banget nih udah nanggapin komen saya..

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya