Sabtu, 18 Juni 2011

Keheningan

Bismillahirrahmanirrahiim, 
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^


gambar di culik dari  sini
Tolong .. biarkanlah aku sendiri saat ini....aku ingin sendiri.....!!! 
 
Kalimat ini sering terdengar oleh kita dari orang lain atau mungkin terucap dari bibir kita sendiri.   Pada kondisi tertentu ; misalnya rasa sedih / kekecewaan yang sangat mendalam atau perasaan yang kacau, kita sangat ingin sekali dalam kesunyian atau keheningan, mengapa ...???


Ya .... keheningan adalah keadaan kesunyian, ingin dalam kesendirian, karena ingin  melakukan penelusuran diri, melihat diri sendiri, membimbing diri sendiri dan hanya  ingin melakukan "dialog" dengan diri sendiri dan "berdialog" dengan Allah SWT,  ingin lebih dekat dengan Allah SWT.  Di keheningan kita ingin memahami dan mengenal akan diri sendiri, ingin melihat lebih dalam peristiwa yang terjadi dalam diri kita, ingin belajar memahami setiap peristiwa yang menimpa pada diri kita.  

Dengan keheningan kita lebih bisa melakukan pemurnian diri, dengan menyingkirkan emosi yang tak terkendali, pemikiran - pemikiran yang negatif, pengendalian ego diri. Keheningan dapat membantu kita melakukan revolusi perubahan total pada diri ( pemurnian bathin ) hingga dilahirkan bathin yang kembali tenang, penuh semangat untuk melihat kebenaran yang tidak dapat di ungkapkan dengan kata - kata. Dengan keheningan kita seperti melewati fase kepompong menjadi kupu - kupu.... dari keheningan inilah kita menjadi  terlahir kembali dengan membawa pribadi yang indah.

Disaat hati gundah akan lebih baik kita berada dalam keheningan melakukan perenungan diri, dari pada kita mencari ingar - bingar tempat hiburan, karena kita hanya lari sesaat dari perasaan itu. Namun bila kita berada dalam keheningan untuk melakukan perenungan diri dan pendekatan diri kepada Sang pencipta maka perasaan itu berubah menjadi sebuah keikhlasan diri.

11 komentar:

  1. kalau aku malah gak suka kesepian dan kesendirian...kecuali kalau lg menghadap Ilaihi dimalam hari..
    yan, foto kepompong dan kupunya cantik sekali.....

    BalasHapus
  2. kadang saya suka kebalik uni,
    disaat gundah malah dengerin musik death metal dengan high volume..

    hasilnya, jadi semangat lagi.. :)

    BalasHapus
  3. sebentar lagi, keheningan itu akan tiba
    bagi seluruh umat manusia di seluruh dunia
    maknai ramdhan bagai seorang ulat
    siap bermetamorfosa menjadi lebih baik..
    nice pot mbak,..:)

    BalasHapus
  4. Saya suka keheningan mb..makanya dirumah juga jarang banget muter lagu2, paling lagu anak2 atau lagu nostalgia yang lembut jaman dulu.

    Sepi dan hening bukan tidak ingin ditemami tapi terkadnag sepi dna hening ini membuat hati kita menjadi lebih baik utk emosi.

    BalasHapus
  5. bener sis. kadang kita ingin sendirian dulu saat sedang menghadapi masalah. mungkin dg sendiri, kita bisa menenangkan hati yg bete and pikiran yg lagi butek.

    BalasHapus
  6. Aku setuju mbak, kita perlu merenungkan apa2 yg telah terjadi pada kita agar kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya utk perbaikan diri.

    Maaf ya mbak baru sempat mampir, beberapa hari gak bisa blogging karena inetnya bener2 ngajak berantem :(

    BalasHapus
  7. Dalam kesendirian dan kesunyian, kita akan lebih mampu utk memahami semua yang terjadi. Itulah yg sering aku rasakan dan alami juga.

    BalasHapus
  8. keheningan...??? yach...aku suka dengan keheningan mbak...betul kata mbak sukma dalam hening kita bisa berdialog dgn diri kita sendiri tentang apa yang terjadi...

    Maaf ya mbak br bisa mampir ini disempat²kan lagi sibuk pelaksanaan MTQ nih

    BalasHapus
  9. maaf uni, tadi ada sedikit kesalahan teknis,
    jadi beberapa komen terhapus,
    silahkan dipajang awardnya dari saya di hari spesial blog saya :)

    BalasHapus
  10. dengernya kalo lagi nonton sinetron mbak

    BalasHapus
  11. Pengibaratan dengan proses metamorfosis sangat menarik, dan setelah proses menyendiri itu, diharapkan kita bisa mengoreksi diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.....

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya