Minggu, 16 Maret 2014

Sambel, menu sederhana yang mengoda

Bismillahirromaanirrohiim

Sambel adalah menu kegemaran saya sekeluarga, apapun menunya akan kurang sempurna jika nggak ada sambelnya. Oh karena itu jika kami makan di restro, menu sambelnya yang jadi incaran kami.

Membuat sambel yang enak itu adalah sesuatu hal yang gampang-gampang susah. Bahan dan caranya sangatlah sederhana, tapi hasil akhirnya yang menjadi luar biasa, setiap orang yang membuat terkadang menghasilkan rasa yang berbeda walaupun bahannya sama. 

Coba kita lihat, bahannya hanya cabe, bawang merah, tomat, garam, terasi ( bagi yang suka), tapi akan berbeda rasanya disetiap orang yang membuatnya.

Ok....sobat ....... ini menu sambel andalan keluarga saya....."sambel terasi"
Biasanya semua bahan sebelum di ulek, saya goreng terlebih dahulu. Yang jadi rahasianya saya tidak menggoreng bahan dengan bersamaan, tapi satu persatu. Bahan yang saya goreng yakni tomat, kemudian bawang merah, lalu cabenya, terasi bisanya sudah saya goreng terlebih dahulu sebelum menyimpannya agar mudah menggunakannya. Setelah semua digoreng, semua bahan diulek tak lupa ditambahkan garam, terasi dan gula merah, bahan diulek tapi tidak terlalu halus..... taadaaaa jadi dach sambelnya, ini bisa menjadi pelengkap untuk menu apa saja.

Bagi yang tidak suka  pedas bisa menambahkan dengan cabe besar, atau menambahkan jumlah tomatnya. Kalau saya sekeluarga sukanya yang sedang saja pedasnya, nggak sampai jingkrak-jingkrak kepedesan ....hehehehehe



Sambel hijau dengan teri medan juga menjadi  sambel favorit kami. 


2 komentar:

  1. aku suka sambal yg pertama..paling sering buat yg itu mba..lalu liat yg ke2, harus di bokmark tuh, kasih bocorannya donk mba biar cabe ijo ga langu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk sambel hijau, bisa dgn 2cara:
      yg pertama bisa cabenya dan bawang dikukus terlebih dahulu, trus diulek dan ditumis sebentar
      dan cara kedua; bisa juga cabe diulek langsung diulek bersamaan dgn diberi sedikit perasan air jeruk nipis, agar cabenya nggak menjadi kehitaman , bawang merah dan cabenya diulek kasar2 aja ...segera ditumis, dgn api yg sedang aja agar matang nya perlahan2 utk mengindari langu nya, mbak, setelah cabenya matang kemudian tambah teri medan yg sdh digoreng terlebih dahulu

      Hapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya