Kamis, 05 Januari 2012

Kebahagian Guru

Bismillahirrohmanirrohiim.  
 
Guru begitu bahagia bila mendengar atau melihat murid - murid nya berhasil, kalimat itu sering sekali aku dengar di waktu aku masih sekolah ..... Eh ternyata kalimat itu benar banget adanya. Setelah menjadi guru aku ikut merasakan hal yang seperti itu.

Menjadi guru sejak tahun 1990, sudah banyak sekali yang  menjadi murid - muridku. Dan yang membahagiakan sekali mereka masih selalu mengingatku dan bila mereka punya kesepatan untuk bertemu dengan ku mereka tak melewatinya. Tak jarang mereka datang berkunjung kerumah bersama keluarga mereka bagi yang sudah berkeluarga, mereka ikut mengenalkan diriku pada istri / suami bahkan anak-anak mereka.....ini bagi ku sangat mengharukan sekali.

Dengan kemanjuan tekhnologi makin mempermudah komunikasi kami... mereka bisa menyapaku melalui FB atau bisa BBM an. Jalin kasih sayang ku terhadap mereka tak pernah putus...... layaknya seperti dengan anak sendiri.
Kemaren sore aku juga di beri kejutan dengan kunjungan muridku angkatan 1993, sore itu mereka tlp ..." bu kami mau kerumah ya .... ini lagi menuju rumah ibu" 
Dan selang beberapa menit mereka sudah ada didepan rumah, bahagia dan terharu itu yang aku rasakan saat itu. 

Pertemuan itu layaknya seperti bertemu teman lama ... canda tawa ... dan yang tak  terlupakan mereka selalu saja  buka kartu "kenakalan" atau "keusilan" mereka. Seru juga candaan kami. 
 
Dan selalu saja terucap dari mereka " ibu kok seperti dulu aja sich, gak ada yang berubah " Aaahhh.....apakah aku yang sudah tua sejak dulu atau awet muda sich? ...hehehehehe...
 
 
 
 Aku sangat  bahagia mendengar mereka telah sukses semuanya .... kebahagian  mereka lengkap ... mereka sukses di karier dan memiliki keluarga yang bahagia. Bahagia rasanya telah  menjadi bagian dalam perjalanan hidup mereka.

Ingatan ku langsung melayang pada guru-guruku sewaktu di sekolah dulu. Mereka pasti juga merasakan seperti yang ku rasakan saat ini, disaat kami berkunjung pada mereka. Tapi sayang sekali aku gak bisa berkomunikasi seperti aku dengan murid - muridku sekarang, hanya bisa bertemu disaat aku pulang kampung....itupun gak selalu.

Ini mungkin ada yang beranggapan ini hal yang biasa. Tapi jujur nih .... bagi para guru ini menjadi sangat istimewa. Maka tak heran ....tangis haru para guru kita, terlihat jika kita bertemu dengan para guru-guru kita yang sudah sepuh. Semoga kita masih sempat membahagiakan guru - guru kita dulu... ya sobat...

3 komentar:

  1. muridnya cantik2 ya. spt gurunya. hehe

    BalasHapus
  2. bener tuh mbak..aku aja salut sama murid2nya ibu mertuaku..masih pada inget dan suka dolan2 ke rumah terutama pas lebaran..betapa care dan sayangnya mereka pada sang guru..salut buat guru..:)
    oia..pa kabara mbak Sukma..semoga selalu sehat ya!

    BalasHapus
  3. iya bener yah, kebahagiaan terbesar bagi seorang pendidik adalah ketika melihat anak didiknya sukses dan berhasil

    saya inget jaman dulu guru-guru sekolah sebelumnya menyelamati ketika berhasil masuk ke jenjang yang lebih tinggi di sekolah favorit pula..

    hmm jadi kangen sama semua guru saya

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya