Selasa, 18 Juni 2013

Detox dengan jeruk nipis


Bismillahirrohmanirrohiim

Kita sering sekali mendengar kata  detoksifikasi (detox), dan sebagian kita sudah tahu  pastinya arti dari kata tersebut. Gak apa-apa  toh  kalau saya mengingatkan kembali pengertian dari kata detox tersebut.

OK...detox adalah proses pembuangan racun dari dalam tubuh.
Seperti yang kita ketahui bahwa racun- racun dalam tubuh berasal dari makanan, udara, air sinar uv, kosmetik dllRacun ini terakumulasi dalam tubuh kita selama bertahun-tahun. Racun yang terakumulasi dalam tubuh ini akan merusak sel-sel tubuh dan secara bertahap menurunkan kekebalan tubuh, yang dapat menjadi suatu penyakit. Oleh karena itu di haruskan kita melakukan detoksifikasi.

Detoksifikasi dapat kita mulai di pagi hari, seperti dari kebiasan yang sudah-sudah setiap bangun tidur pagi hari kita dianjurkan minum air putih terlebih dahulu sebelum sarapan pagi, seperti yang dicontohkan Rasullah, mengapa harus demikian , ini untuk menyiapkan usus kita pada saat kita sarapan pagi, karena selama kita tidur, aktivitas organ pencernaan kita kerjanya di perlambat oleh sistem tubuh kita. Untuk memaksimalkan manfaatnya kita dapat menambahkan perasan air jeruk nipis atau lemon dan madu, ini membantu kerja organ hati membuang racun-racun dalam tubuh kita.



Pasti ada yang terlintas dalam pikiran "gak perih tuh perut, pagi-pagi belum sarapan minum air jeruk nipis  yang asam banget?" Ini sering saya dapatkan pertanyaan kepada setiap orang yang saya sarankan, umumnya mereka tdak berani, takut asam lambungnya naik. Sama seperti teman-teman di kantor dan saudara saya lain nya, pasti dengan wajah merinding membayangkan minum air jeruk nipis di pagi hari dan selalu terjadi penolakan. 

Alhamdulillah... ada salah satu teman yang berani mencobakan. Kesokkan harinya saya di laporkan bahwa maag nya tidak kambuh setelah dia minum seperti yang saya sarankan, dan menurutnya malah asam lambungnya gak naik, dan dia dengan mudah BAB di pagi hari, ini yang jarang terjadi padanya...... dan biasalah kelanjutan pertanyaan dari dia ;"kok bisa ya, padahalkan air jeruk nipis khan asam / kecut banget.

Lalu saya jelaskan air jeruk nipis walau rasanya asam tapi tidak bersifat asam tapi bersifat Alkali yang berfungsi sebagai buffer / penyangga dengan sifatnya itulah mampu menekan asam lambung, jadi tidak membahayakan bagi penderita gangguan lambung seperti penyakit maag. dan kandungan serat dalam jeruk nipis juga sangat tinggi terutama pektin  terlarut, zat ini yang membantu proses BAB kita menjadi lebih mudah .... dan dengan mudah pula proses pembuangan racun -racun tersebut. Dari pengalaman seorang teman yang sudah melaksanakan saran saya itulah teman-teman lain baru berani melakukan apa yang sudah saya sarankan sebelumnya, karena yang mencoba teman yang menderita penyakit maag, mungkin selama ini gak yakin dengan saya lakukan karena saya tidak menderita maag, jadi menurut mereka gak masalah. 


Dari kejadian ini saya dapat  menyimpulkan gak gampang ya ternyata kita menyakinkan seseorang pada suatu hal. walau itu sudah kita lakukan. Padahal saya selalu menyarankan atau mengajak seseorang pada sesuatu hal dimana saya sudah melakukan secara rutin, sudah merasakan manfaatnya, karena sudah merasakan manfaatnya itulah saya baru berani  berbagi kepada orang lain. gak logis aja khan kita menyarankan orang lain melakukan sesuatu sementara kita tidak melakukannya ....!!!!

Kembali ke topik manfaat dari air perasan jeruk nipis tadi, karena kerja adalah detox, maka dampak dari detox tersebut adalah racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh hilang, maka tubuh pasti menjadi sehat dan fit, tampilan yang nyata - nyata terlihat adalah pada kulit. Kulit terlihat bersih dan putih cerah, ini juga karena dampak dari kandungan vitamin C 10x  dari jeruk manis biasa, yang manfaatnya mencerahkan dan memutihkan kulit, karena sifat Vitamin C adalah antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas terutama sinar matahari. Maka cocok banget kalau kita konsumsi sebelum kita melakukan aktivitas di luar rumah.

Kandungan minyak atsiri pada jeruk ini bermanfaat sebagai antimikroba (bakteri) ini bermanfaat sekali menekan pertumbuhan bakteri yang berbahaya dalam sistem tubuh kita. Sehingga kita bisa mencegah diare, batuk , flu , infeksi pada kulit dan lain-lainnya, dan akan maksimal juga kerjanya  jika tambahkan madu yang selain kandungan mineralnya sangat tinggi dan juga bersifat antimikroba maka semakin komplit manfaat minuman pagi hari kita ini.

Oh ya.... saya pernah membaca;  bahwa hasil dari penelitian Institute of Health Sciences, 819 N. L.L.C Charles Street Baltimore, MD 1201 menyatakan  air jeruk nipis atau lemon efektif sekali untuk kanker, karena mengandung senyawa flavonoid unik yang mempunyai anti oksidasi serta  anti kanker sehingga mampu membunuh sel kanker yang 10.000 kali lebih kuat dari chemotherapy, melalui 20 test di laboratorium sejak 1970, ekstrak buah ini menghancurkan sel-sel ganas dari 12 macam kanker diantaranya usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan pankreas. Dan terapi ini hanya menghancurkan sel-sel kanker yang ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel yang sehat.

Dari hasil penelitian ini kita disarankan untuk menaruh 2 - 3 irisan jeruk nipis atau lemon kedalam  gelas air minum kita. Jadi kalau kita sedang berada di kantor / toko kita dapat menaruh irisan jeruk nipis atau lemon tersebut pada gelas besar sepanjang hari, dan kalau airnya habis cukup kita tambahkan saja air putih, jadilah itu sebagai minuman sehari-hari yang baik untuk kesehatan karena mampu menghambat terjadinya gejala segala penyakit ......hmmm minuman  murah tapi khasiat luar biasa.

Semoga sobat-sobat setelah membaca ini tidak ada lagi keraguan untuk mencoba nya cara mudah dan murah menuju SEHAT.






28 komentar:

  1. Sepertinya sangat mudah ya Mbak. Jd jeruk nipisnya cukup diiris aja? Mau coba jg.. Sangat bermanfaat mbak, terimakasih sdh berbagi di sini :-)

    BalasHapus
  2. Gini nih kalo Bu Guru Biologi menulis, pasti komplit dan ilmiah. Dan sekali lagi, ini sedang saya usahakan untuk saya minum tiap pagi. Mudah-mudahan tidak membikin lambung saya perih

    BalasHapus
  3. @zasachi.....iya mudah dan murah, jadi baik banget kalau di kantor kita bawa minuman ini , selain melepaskan dahaga, tapi dpt manfaat yg banyak banget, slamat mencoba ya.

    @ Mas Ies..... Insyallah gak mas, untuk permulaan di coba dulu setengah aja dulu jeruk nipisnya, lalu perasan air jeruk ini diberi air hangat dan madu utk mengurangi rasa kecutnya, jadi kecutnya berkurang dan khasiat minuman tsb bertambah ...... Selamat mencoba mas

    BalasHapus
  4. wah saya mau coba juga ah :D

    BalasHapus
  5. baru tau nih kalo jeruk nipis bisa utk buang racun, alhamdulillah kalo setiap makan terutama makan soto itu kan selalu ada jeruk nipisnya, nah alhamdulillah saya selalu pakai jeruk nipis itu hehe, jadi lumayan racun ditubuh berkurang :D

    BalasHapus
  6. Bru tahu nih... nice info... thanks..

    BalasHapus
  7. Wah.. begitu ternyata fungsi jeruk nipis. Soal air putih di pagi hari, hmmmm sy msh jarang...

    BalasHapus
  8. Aku mau juga ah mencobanya.. :D
    Makasih banget ya mbak utk sharingnya

    BalasHapus
  9. hmm info yang bermanfaat, artikel selanjutnya mudah2an ada lagi info menarik lainnya :)

    BalasHapus
  10. Mbak/ bu mohon takaran yg jelas utk jeruk nipis dan airnya... terutama yg setelah bangun tidur. Terimakasi.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya dengan 1buah jeruk dg segelas air putih,1 sendok makan madu
      selamat mencoba ya

      Hapus
  11. Sy baru menerapkan cara ini,tp sy buang kulit jeruknya krn agak pahit di rasa,tp kl sy buang kulitnya ini ga ada rasa pahitnya,apakah kurang bermanfaat jika kulitnya di bung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa2, salah malah memilih dgn air perasan jeruknya.
      ok selamat mecoba, yg penting rutin agar terlihat manfaatnya

      Hapus
    2. Sy sdh melakukan minum jeruk nipis setiap pagi sesuai anjuran,tp sy melakukanny begini,hr 1 sy minum satu jrk nipis,hr ke 2 dua dstny sampai hr ke 10.Dan hr ke 11 sepuluh bj hr 12 sembiln dst menurun.Saat ini sy br melakukan yg ke 9.Apakah itu benar?Mohon petunjuk.Trims.

      Hapus
    3. yang biasa saya lakukan hanya satu hari di pagi hari, kecuali jika dlm sehari ini saya makanan yg dgn kolesterol tinggi saya tambahkan siang dan malam .

      kalau ingin menurunkan berat badan cukup hanya 3-4 jeruk nipis di campurkan kedlm teh hijau

      Hapus
    4. Mbk yg sy bc itu ktny utk mengusir semua penyakit . Berarti salah ya mbk?

      Hapus
    5. Pemakaian utk di bln puasa aturanny gimana?

      Hapus
    6. karena mengandung senyawa FLAVONOIDS unik yang mengandung anti oksidasi serta anti kanker bekerja menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan mengahambat terjadinya segala penyakit

      untuk pemakaian di bulan puasa tetap seperti biasa, minum sebelum makan sahur , In Syaa Allah tidak mengganggu ibadah puasa, dgn kandungan Vitamin C yg tinggi itu membantu sekali menjaga stamina tubuh selama menjalani ibadah puasa.... smg ibadah puasa nanti lancar dan dilimpahkan pahala yg berlipat ganda .... Aamiin

      senang sekali mendengar mbak Yulia sdh melakukan spt saya lakukan .... smg memberi manfaat .... tetap rutin ya mbak mengkonsumsinya agar dirasakan manfaatnya

      Hapus
  12. makasih ya mba sudah berkunjung..lama ga main kesini nih, apa kabar mba?? nanti kalo bukuku ttg jeruk nipis diterbitkan, beli ya mba hehe meski isinya sebagian sudah diulas disini sebelum saya nulis buku itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak ketty....
      mba Ketty buat buku ttg jeruk nipis ya.... jadi pengen baca. nih .... kabari ya mbak kalo sdh terbit

      Hapus
  13. saya sudah sering mencoba ramuan ini dengan menggunakan air hangat ditambah irisan jeruk nipis dan rsanya tidak terlalu asam tetapi ada sedikit pahit. Apakah perubahan warna pada kulit jeruk yang diseduh menggunakan air hangat tidak mengurangi khasiatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya menggunakan air perasan jeruknya, jgn menggunakan air panas, agar Vitamin C tdk rusak, gunakan saja air biasa atau suam2kuku..... smg sehat selalu

      Hapus
  14. Trima kssih banyak penjelasannya bu guru.. Semangat mencoba.. Smoga Allah menyembuhkan dan senantiasa menjaga kita dalam kesehantan.s. Aamiin..

    BalasHapus
  15. Saya sudah melakukan sekitar 1 bulan, tapi mengapa malah betak saya berwarna hitam ya?

    BalasHapus
  16. sy pernah mencoba resep ini dgn konsumsi perasan jeruk nipis 3 biji setiap pagi selama sebulan dan ternyata perut saya terasa ada yg bergetar2 dan ini membuat sy merasa kwatir, tp sy teruskan terapi ini sampe seminggu dan mlh getaran yg diperut sy mlh tambah sering sehingga akhirnya sy menghentikan terapi ini dan dah sebulan perut sy tdk enak, tdk nyaman, bau mulut jg tdk sedap..mhn sharing pengalamannya apakah spt ini reaksi dr terapi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak pernah mengalami hal spt itu.
      setiap pagi saya hanya menggunakan 1 buah jeruk

      Hapus
  17. Jeruknya diperas atau diiris ya? Terimakasih

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya