Senin, 23 Mei 2011

Belajar di desa

Assamulaikum.... hai sobat semua ...maaf ya ..... beberapa hari ini aku gak BW maupun posting , bukan lagi malas  dan bukan juga karena lagi bete. Tapi sejak Jum'at pagi aku tidak berada ditempat, karena membawa siswaku kelas XI IPA dan XI IPS ke desa Samboja untuk mengadakan study alam.
Setiap tahun, sekolah kami mengadakan kegiatan ini untuk siswa kelas XI, walaupun kegiatan ini mundur dari yang dijadwalkan, karena bersamaan dengan kegiatan UN kelas XII. 

Kegiatan ini dimulai hari Jum'at ( 20 mai 2011), rombongan mulai menuju ke lokasi dengan jarak tempuh kurang lebih 55 km dari Balikpapan dan membutuhkan waktu 1,5 jam sampai ke desa yang dituju.
Rombongan sampai di desa Samboja jam 10.30 WITA, disana telah menunggu 32 orang tua asuh menyambut kedatangan siswa2ku. Selama 3 hari di desa, setiap  6 orang siswa di tempatkan di rumah orang tua asuh dan mengikuti kegiatan orang tua asuh mereka. 

3 hari di desa Samboja ini, siswa2ku belajar bagaimana menjadi petani, yakni mulai membajak sawah, menabur benih, dan menanam padi, dan dilanjutkan kegiatan melakukan penggilingan padi, sayang sekali tahun ini tidak sempat belajar memanen padi serta memisahkan padi dari batang nya, karena musim panen sudah berlangsung  2 minggu yang lalu. Kegiatan ini di ikuti oleh siswa2ku dengan antusias sekali, karena ini adalah pengalaman baru bagi meraka semua. Dari kegiatan ini diharapkan siswa2 dapat merasakan susah payahnya para petani, sehingga diharapkan timbul rasa mensyukuri apa yang mereka punya saat ini dan lebih berempati kepada para petani. 

Selain kegiatan yang di koordinir oleh panitia, siswa2 diwajibkan mengikuti kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang tua asuh mereka. Banyak diantara siswa tidak terbiasa dengan kondisi rumah yang sangat sederhana, tapi mereka dengan senang hati, beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut, seperti harus memasak, mencuci piring, dan mandi dengan kamar mandi yang semi tertutup, yang semua keadaan ini tidak mereka temukan di rumah mereka masing-masing. 

Memang kondisi seperti inilah yang kami kenalkan pada siswa2 SMA Patra Dharma, agar mereka bisa melihat langsung dan merasakan langsung, bahwa masih banyak rakyat Indonesia ini hidup dengan kondisi yang sangat terbatas , serba kekurangan.

Besar harapan kami para guru, dari kegiatan  selama 3 hari ini banyak manfaat yang diperoleh bagi siswa2 SMA Patra Dharma. Sepulang mereka dari desa ini, mereka jadi lebih pandai bersyukur atas karunia Tuhan yang telah mereka peroleh, lebih peduli, lebih berempati kepada orang lain. Semoga ....


















OK ... sahabat semua ini yang bisa aku ceritakan dari kegiatanku selama di desa Samboja.





17 komentar:

  1. wah seru banget ya... gurunya juga baik selalu mengawasi murid-muridnya. good job

    BalasHapus
  2. huuuh, saya ngiri mbak,
    semasa SMA gak pernah ikutan studi tour yang kayak gini,
    nginap di tempat ortu asuh dan merasakan kehidupan sehari-hari mereka,
    seperti reality show yg sering saya tonton, keren banget..!

    BalasHapus
  3. wah seru main dan belajar di alam B)

    BalasHapus
  4. Dimaklumi Bu...saya juga begitu, semoga hari2 berikutnya berjalanlancar ya Bu.
    Selamat beraktifitas

    BalasHapus
  5. wah studi tour yang hebat, daripada ke tempat wisata, mending mendidik siswa langsung pada kehidupan nyata sehingga dapat pengalaman berharga bagaimana rasanya menjadi petani dan mencari uang di terik matahari.
    salut atas program seperti ini

    BalasHapus
  6. wah pasti sangat menyenangkan bagi anak2...aku aja yg sudah tua ini gak pernah nyoba langsung masuk sawah..
    Yan jd pengin anakku di masukin sekolah mu aja ya...biar bisa belajar dilapangan seperti itu...dari pada ikut study tour < yg habisin duit>..

    BalasHapus
  7. Wah ini baru praktek yang sangat real........ dengan begini pelajar kalau bisa gak usah tawuran atau lain-lain yang gak perlu lihat itu kerjaan pak tani susah juga kan.....hehehehehe semoga kedepannya praktek seperti ini dgalakkan mbak,,,, biar belajar langsung dari kehidupan nyata

    BalasHapus
  8. ~ Rahman R, pastilah seru ...
    ~ Yudi .... ini program tahunan khusus klas XI dan ini yg angkatan ke 6.

    ~ Shundai, mas siswadoyo (jangan pakis)dan mas arief ... ini program wajib dan kebetulan di sekolah di Balikpapan hanya SMA Patra Dharma aja yg punya program ini. Belum ada yg niru, tapi program kami yg lain sdh ada sekolah yg meniru. Karena sekolah kami swasta, jadi harus punya nilai lebih agar diminati

    ~ Zita ... ayo daftarkan segera nih kesekolah ku mumpung blm penutupan.... kalo study tour juga ada tapi gak diwajibkan, tapi kalo ini wajib.

    BalasHapus
  9. ibu yanti koq fotonya gak ada...hehehehe....bener² pengalaman yang mengasyikkan tuh buat para siswa siswinya bu....

    BalasHapus
  10. kegiatan yg bagus. pantes, aku jarang lihat mbak Yanti update blog

    BalasHapus
  11. paling seru itu bu.. selain mendapat pelajaran formal, siswa juga bisa merasakan keadaan sosial masyarakat yg ada..

    salam sukses bu...:D

    BalasHapus
  12. wahh kyak reality show jika aku menjadi di trans tv ajah.. heheh:D
    kyaknya serrruu,,jdi pengen;)

    BalasHapus
  13. Mau donk ikutan hehe.. kok nggk ajak-ajak seh

    BalasHapus
  14. angkat empat jempol buat SMA Patra Dharma deh,...yg beginian emang kudu buat bekal anak2 SMA..di masa transisi mereka,..seringkali lupa dg jerih payah org lain dan hidup seenaknya..
    hehehehehe :D serasa KKN ya Mbak,..

    BalasHapus
  15. Wah saya juga lagi di kampung nih
    Foto yang belajar nanem padi saya ambil yah ! hehehhe

    BalasHapus
  16. belajar dari alam yah mbak...aq belajar menghargai pekerjaan org di desa saat aq mulai menikah, berusaha mengasihi berasku dgn tdk membuang2 nasi karena petani di desa sana nanemnya dgn keringetttt....kesiannn .

    BalasHapus
  17. coba shasa bisa ikutan acara itu mbak.. dia pasti excited banget deh. kenapa ya sekolah2 di madiun gak ada yang punya acara spt itu?

    BalasHapus

Sobat .......Terimakasih ya atas kunjungan dan sapaanya